Thursday 14 July 2011

Motor DC Brushes atau Sikat

Motor Dc adalah Motor Arus Searah  yang berfungsi mengubah tenaga listrik arus searah (DC) menjadi tenaga gerak atau putaran dimana tenaga gerak tersebut berupa putaran rotor. Bagian Motor DC. Motor DC pada dasarnya memiliki dua bagian utama yaitu stator dan rotor:
a.                   Stator
Stator merupakan bagian dari motor yang permanen atau tidak berputar.  Bagian ini menghasilkan medan magnet, baik yang dihasilkan dari koil (elektromagnetik), maupun dari magnet.  Bagian ini terdiri dari:

[1].             Gandar
Gandar atau rangka  Fungsi utama dari rangka adalah sebagai bagian dari tempat mengalirnya fluks magnet yang dihasilkan kutub-kutub magnet, karena itu rangka motor dibuat dari bahan ferro magnetik.  Disamping itu rangka motor juga berfungsi untuk melindungi stator dan rotor.

Gambar Gandar

Oleh karena itu rangka motor dibuat dari bahan yang kuat.  Rangka motor untuk motor-motor kecil terbuat dari besi tuang, sedangkan motor yang besar umumnya dibuat dari plat-plat campuran baja.  Pada bagian ini terdapat papan nama (name Plate) yang bertuliskan spesifikasi umum atau data-data teknik dari motor.
[2].             Inti kutub dan lilitan penguat magnet
Lilitan penguat magnet berfungsi untuk mengalirkan arus listrik agar terjadi proses elektro magnet sehingga terjadi suatu magnet buatan sedangkan inti kutub magnet merupakan tempat dihasilkannya fluks magnet.

Gambar  Inti Kutub


[3].             Sikat –sikat dan slip ring
Fungsi dari sikat-sikat adalah untuk jembatan bagi aliran arus dari lilitan jangkar beban, aliran arus tersebut akan mengalir dari sumber dan diterima oleh kontaktor. Sedangkan fungsi dari slip ring adalah sebagai kontak hubung dengan sikat-sikat, yang dipakai untuk melewatkan aliran arus atau tegangan arus bolak-balik. Dibawah ini adalah contoh gambar slip ring.
Gambar slip ring

Gambar di atas Menunjukkan operasi motor dc dengan sikat magnet permanen. Magnet permanen dipasang pada bagian yang berputar dan kumparan dipasang pada stator. Tidak seperti motor dc tanpa sikat, tidak dapat dijalankan dengan menghubungkannya dengan sumber dc.  Berikut adalah gambar motor dc tanpa sikat.

Gambar Motor DC tanpa sikat

Motor dc tanpa sikat mempunyai efisiensi tinggi, umur pemakaian lama, tingkat kebingsingan suara listrik rendah, dan pemakaian daya rendah.

b.                  Rotor
Bagian rotor ini berupa kumparan atau koil dimana arus listrik akan mengalir.  Bagian ini terdiri:
1.                  Jangkar
Jangkar yang umum digunakan dalam motor arus searah adalah yang berbentuk silinder yang diberi alur-alur pada permukaannya sebagai tempat melilitkan kumparan dimana terbentuk ggl induksi.  Seperti halnya inti kutub magnet, maka jangkar dibuat dari bahan ferro magnetik berlapis-lapis tipis untuk mengurangi panas yang terbentuk karena adanya arus liar.  Bahan yang digunakan untuk jangkar sejenis ini campuran baja silikon.

Gambar Rotor

3 comments: